Saatnya Berbagi

berbagi ilmu menggapai ridho Illahi

Selamat Dr. Agus Naba

Alhamdulillah hari ini satu anggota kita berubah status menjadi Doktor. Ommedetou. Sudah ada dua doktor disini, semoga temen2 yg lain segera menyusul agar target 70 doktor bisa cepat terpenuhi. 

Saya sebenarnya tidak begitu memahami presentasi yg berjudul Adapive Control based on Adjustable Evaluation Function.  Sediki saya buka2 buku disertasi setebal 150an halaman itu, Dr. Naba mencoba mengusulkan metoda baru utk mengatasi kelemahan2 yg ada pd Reinforcement Learning (LR). Maaf klo keliru, selain ngga dong dan ngantuk, juga sibuk jadi ‘kameramen’ sidang. Mungkin lebih baik klo Dr. Naba sendiri yg menjelaskan secara singkat disini.

Kesan yg menarik bagi saya saat ikut menyaksikan sidang terbuka tersebut hari ini adalah untuk ujian jadi doktor ternyata hanya perlu waktu 60 menit-an. Namun utk bisa ujian dgn waktu yg hanya segitu, perlu usaha satu tahun, dua tahun bahkan bisa sampai tiga tahun atau lebih.  Disinilah proses terasa semakin penting dari pada sekedar hasil.

Dalam kehidupan, terkadang kita melupakan proses dan mengutamakan hasil. Misal pengen kaya tapi tanpa berusaha sungguh sungguh, pengen pinter tapi malas utk belajar dan meningkatkan kualitas diri, pengen jadi orang sholih, tp enggan utk memulai ibadah dari yang kecil2 dan ringan, pengen orang lain mau ikut ngaji, tp kita enggan ngajak berdakwah, dll. Juga lucunya, pengen masuk syurga tp sedikit beramal malah banyak maksiat. Inilah gambaran orang2 yang tidak memperhatikan proses tapi semata2 mengharapkan hasil yg instan.

Makanya saya sangat seneng sekali di forum ini, bisa bertemu dgn orang2 yg senantiasa tak pernah berhenti berproses mencari ilmu dan memperbaiki diri utk kepentingan umat.  Smoga dgn ‘selesainya’ proses menjadi Doktor bagi Akh Naba, akan memotivasi bagi temen2 lain utk bisa berprestasi lebih baik.

Sekali lagi selamat kepada Dr. Naba atas prestasi akademiknya, semoga tidak berhenti sampai disini, dan terus mengamalkan ilmunya bagi kemashlahatan ummat.

Wassalam

Sidiq

February 1, 2007 - Posted by | Renungan

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: